aku dan bumiku aku ingin cintai bumiku.....

 

Senin, 21 September 2009

Lebaran ku…Lebaran mu…

Hari ini adalah lebaran hari kedua, aku bersama keluarga pergi berkunjung ke rumah tante ku yang sedang sakit stroke setelah kemarin aku pergi ke makam Ayah ku tercinta…Tak sangka perihnya hatiku ketika sampai ke rumahnya…setelah mengucapkan salam dan masuk ke dalam menengok keadaan beliau…Ketika melihatnya, aku langsung shock therapy, tak sanggup mata ini terus menatap beliau…langsung ku membalikkan badan dan duduk depan pintu menenangkan diri dan mencari udara untuk bernafas karena memang kebetulan maag ku yang kronis ini sedang tidak baik sehingga aku sering mual dan muntah2..adik-adik ku pun keluar dan menghampiri ku, mereka berdiri di depan ku dengan berkata “ Mba, jangan nangis”.
Aku lupa, kapan aku menjenguk beliau ke rumah sakit...Saat itu, aku tak benar2 melihat keadaan beliau karena aku tak boleh masuk oleh pihak rumah sakit karena perawatan intensif sehingga aku pun merasa biasa2 saja dan tidak menyangka seperti ini keadaannya…tak sanggup mata ini melihatnya tegas...sebuah tubuh yang terkulai lemah di atas tempat tidur tanpa bisa melakukan apa pun..dengan selang di mana2..berbicara pun tak bisa hanya bisa teriak2 meminta ini,itu dan menangis..ketika ibuku menghampirinya..beliau pun menangis dengan derasnya...mencoba mengenali siapa wajah yang ada di depannya..anak2 dan suaminya berkata “ini bude, ma..” tangis nya tak kuasa terdengar seperti seorang bayi yang meminta sesuatu..terus menangis seperti ingin berteriak dan kesal…akhirnya, setelah sekian menit suami dan anak2 nya membantu untuk mengenali wajah yang ada di depannya tak lama beliau pun tertawa tetapi seperti menangis..seperti ada yang ingin di sampaikan…menurutku beliau ingin berkata aku senang kau hadir di sini menemaniku dan menjengukku.
Kesal hatiku rasanya, terlalu sibuk dengan urusanku sendiri sehingga melupakan sanak saudaraku yang sedang terkulai lemah..Laa YukalifuLLAHU Nafsan illa Wus’aha..hanya itu ayat yang ku ingat untuk menghibur hatiku..Bahwa Allah tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan hamba NYA..bersyukur aku masih melihat beliau sadar karena terakhir yang ku tahu beliau tidak sadarkan diri dalam waktu yang lama..Aku pun menjadi ingat ketika terakhir berjumpa dengan Ayah ku di ruang ICU, beliau tidak sadarkan diri..rindu hati ini karena telah tiga kali idul fitri aku melewati tanpa Ayah ku tersayang..Ku ingat kecupannya..sayang beliau untukku..Ketika beliau merasa lemah tak berdaya, ketika itu hanya ada aku di sampingnya..ketika sang pencabut nyawa menjemputnya..hanya aku yang sedang ada di sana..ku kecup keningnya untuk terakhir kali..Aku sayang beliau..
Selama berjam-jam di sana aku hanya diam dan istropeksi diriku..saudara macam apa aku ini..beruntung Allah masih memberi ku sehat, menyehatkan badanku, penglihatanku, pendengaranku..Tiada lagi yang sanggup ku ucapkan selain rasa syukur dan malu jika tidak mensyukuri semua anugerah Allah SWT. Akhirnya, kami pun pamit pulang ketika izin dengan beliau..beliau pun menangis kembali tanpa bisa berucap sepatah kata pun, membuat hati ini semakin perih dan bersalah..mungkin beliau ingin berkata “jangan pulang..jangan pulang..stay beside me”..ya, mungkin memang itu…
Inilah kewajiban kita sesama muslim..bahwa ada hak2 saudara kita yang harus kita penuhi yaitu menjenguknya ketika mereka sakit untuk meringankan minimal beban hati nya..tertampar rasanya pipiku mengingat hal itu..terima kasih ya Rabb, Kau masih berikan aku hikmah kejadian hari ini..teriring salam dan do’a untuk tante ku dan keluarga “ Ya Allah, Sang Maha memiliki penawar, sembuhkanlah beliau dengan kuasa Mu..kuatkan lah suami dan anak-anak Beliau yang mengurus beliau, beri mereka kesabaran dan mudahkanlah rizki Mu bagi mereka dan jadikan kami semua sebagai hamba yang masih mengambil hikmah dari setiap peristiwa…Amiiiin”
Aku pun ingat sebuah hadits yang berbunyi : “penghuni syurga adalah seseorang yang berhati kasih dan lembut kepada kerabatnya dan setiap muslim (HR. Muslim)” Inginkah kita semua menjadi penghuni syurga itu…? Inilah lebaranku tahun ini kawan...bagaimana dengan mu saudara ku…..?

Written in front of my lovely computer at my room…